Saturday, May 2, 2020

eBGP Peering Loopback


Assalamualaikum Wr.Wb teman teman semua allhamdulilah pada postingan kali ini saya ingin berbagi tutorial tentang "iBGP Peering (physical)" langsung simak saja dibawah ini...

BGP (Border Gateway Protocol) adalah salah satu jenis protokol routing yang berfungsi untuk mempertukarkan informasi antar Autonomous System (AS). BGP ini merupakan sebuah Dinamic Routing dan pada mikrotik sendiri terdapat beberapa macam fitur dinamic routing selain BGP seperti OSPF dan RIP. Untuk pertukaran informasi BGP ini memanfaatkan protokol TCP sehingga tidak perlu lagi menggunakan protokol jenis lain untuk mengangani fragmentasi, retransmisi, acknowledgement dan sequencing.
Dalam routing protocol BGP terdapat dua macam peering yaitu internal dan external, kali ini saya akan membahas tentang eBGP  (external BGP), peering jenis ini adalah hubungan antar Router yang masing-masing memiliki AS berbeda, untuk membentuk eBGP peering antar Router harus terhubung secara langsung (directly connected) jika tidak maka koneksi eBGP tidak akan terbentuk, tetapi eBGP tidak perlu full mesh agar antar Router dapat berkomunikasi. Berikut Langkah-langkahnya:

KONFIGURASI 


Router 1:
1.Masukkan Ip Loopback 2
2.Routing BGP Instance
3.Ip Address
4.Ip Route
5.Routing BGP Network
6.Routing BGP Peer


Router 2:
1.Berikan Ip Loopback 2
2.Routing BGP Instance
3.IP Address
4.IP Route
5.Routing BGP Network
6.Routing BGP Peer



VERIFIKASI
-BGP Peer Establisment
R1&R2: Routing bgp peer print detail





-BGP Peer Advertisement
R1 & R2: routing bgp advertisement print








-BGP routing table
R1 & R2: ip route print 








-BGP Connectivity 
R1 : ping 2.2.2.2 src-address=1.1.1.1
R2 : ping 1.1.1.1 src-address=2.2.2.2






Sekian dari saya semoga bermanfaat 
Wassalamualaikum Wr.Wb
download

No comments:

Post a Comment