Monday, May 4, 2020

Fakta Menarik Kuliah di BINUS Beserta Pengalaman Selama Kuliah di BINUS

Halo teman-teman, selamat datang kembali di Stefanus Hendy Blog. Apakah kalian sedang mencari kampus yang bagus untuk kalian kuliah nanti? Atau apakah kalian bingung mencari kampus yang baik? Atau apakah kalian tidak akan mau kuliah? Atau apakah kalian bingung mau masuk jurusan apa ketika kuliah nanti setelah lulus dari SMA (Sekolah Menengah Atas)? Itu semua mungkin pertanyaan-pertanyaan yang terlintas dipikiran kalian setelah kalian lulus di SMA. Mungkin ada sebagian besar orang yang sudah memutuskan masa depannya untuk melanjutkan pendidikannya yang lebih tinggi dan mungkin ada juga yang bingung dan belum dapat memutuskan masa depannya.

Lebih baik coba dah kalian pikirkan baik-baik apa yang kalian suka dan kalian dapat tekuni sehingga kalian tidak salah jalan dalam memutuskan masa depan kalian yang baik. Pokoknya lakukanlah apa yang kalian suka dan pasti nantinya akan kalian suka juga. Berbeda dengan banyak orang yang bingung mau masuk kampus mana, gue sudah memutuskannya dari kecil dan harapan gue yaitu dapat berkuliah di BINUS UNIVERSITY nantinya karena selama sekolah, pokoknya gue suka banget dengan materi yang berbasis teknologi dan juga sekolah gue itu bekerja sama dengan BINUS UNIVERSITY. Jadi kayak bahan belajarnya tuh dari BINUS UNIVERSITY gitu. Oke mari gue share fakta menarik dan juga pengalaman gue dari awal kuliah hingga sekarang di Semester 4 ini.

Sumber Gambar : BINUS UNIVERSITY GROUP



Pengalaman dan Fakta Menarik Kuliah di BINUS dari Awal Hingga Sekarang 

1. Awalnya Ragu dan Tidak Percaya Diri untuk Masuk BINUS Jurusan Teknik Informatika



Sumber Gambar : BINUS University


Jujur nih ya, awalnya benar-benar gue takut banget yang namanya kuliah dimana menurut pandangan gue kuliah itu sadis dan banyak tugas menumpuk bahkan banyak sekali mahasiswa stress yang bunuh diri. Awalnya gue juga ga yakin bisa diterima kuliah di BINUS karena waktu dulu semenjak gue ada tes online mengenai teori komputer gitu di sekolah (tes dari BINUS gitu), gue mendapatkan nilai yang kurang dan teman gue yang dapat nilai bagus dapat kartu spesial gitu dari BINUS buat Free Parking masuk BINUS. Dari sana rasanya gue tuh benar-benar sakit dan hampa gitu kayak ga yakin banget buat masuk BINUS.

Tetapi entah kenapa, hati gue bilang pokoknya kamu tuh harus masuk BINUS karena itu jalannya. Kenapa sih gue pilih BINUS??? Karena bagi gue sendiri BINUS itu Universitas Swasta terkeren yang bisa menyaingi Universitas Negeri lainnya. Selain itu, bagi gue juga BINUS itu pusatnya Teknik Informatika. Kalau mau jadi anak Teknik Informatika (IT) ya masuk BINUS biar bagus wkwk....

Kebetulan juga ada beberapa teman sekolah yang masuk BINUS di jurusan yang sama yaitu Teknik Informatika. Nah itu dapat dijadikan nilai plus gue untuk kuliah di BINUS karena kalau ada teman lebih enak gitu lah ada yang temenin kalau di kampus benar-benar tidak ada teman. Karena sebelum gue kuliah, banyak sekali gue dengar kalau perkuliahan itu temannya benar-benar parah dan tidak ada yang setia.

Pada akhirnya gue bersama teman gue mendaftar di BINUS pada jurusan Teknik Informatika. Tetapi kalau gue pilihnya "Master Track - Teknik Informatika" jadi bisa lanjut langsung S2. Selain itu, alasan gue masuk BINUS karena ada program 3+1 dimana kalian bisa magang di perusahaan.






2. Awalnya Sempat Gagal Masuk Jurusan yang Diinginkan Hanya Karena Skor TOEFL yang Tidak Sampai Target


Sumber Gambar : The Financial Express


Nah jurusan ini berbeda dengan yang lainnya. Dimana jurusan lain hanya test biasa yaitu Psikotest dan TOEFL. Gue harus melalui 3 tahap test yaitu Psikotest, TOEFL, dan sesi interview oleh Dosen BINUS yang bertanggung jawab dalam memilih mahasiswa Master-Track. Gue pergi bersama dengan teman gue dengan membawa orang tua gue dan keluarga teman gue ke BINUS dengan mobil. Seperti biasa depan BINUS itu macet dan telat dong. Jadi gue benar-benar tidak ada persiapan dan kaget gitu.

Psikotest berjalan lancar sih, untuk TOEFLnya wah benar-benar bikin mabok dan banyak sekali tidak ada istirahat sama sekali di depan layar monitor. Selain itu, tempatnya benar-benar berisik jadi ga bisa fokus Listening.

Ini adalah test yang paling menegangkan dimana gue harus berbicara di depan Dosen. Asal kalian tahu berbeda dengan sekarang, gue itu dulu orangnya pemalu dan susah untuk berbicara dengan orang lain (gugup gitu lho). Jadi pada sesi wawancara, gue dipanggil bersama dengan mahasiswa lainnya sebanyak 5 orang dan ditanya bergantian. Beberapa pertanyaan seperti.

"Kenapa masuk BINUS?"

"Kenapa kamu memilih jurusan Teknik Informatika?"

"Kenapa kamu memilih Master Track Program?"

"Apa yang kamu ketahui tentang Teknik Informatika?"

"Apakah kamu dipaksa untuk kuliah di jurusan ini atau kemauan kamu sendiri?"


Pokoknya sih gue bisa menjawab semua itu pertanyaan dengan baik, tetapi ada satu hal lagi yang bikin gue ga yakin masuk jurusan Teknik Informatika. Ada mahasiswa lain yang menjawab pertanyaan dengan menceritakan tentang coding dan pengetahuan coding. Rasanya kok kayak gue dijatuhkan gitu lho karena gue benar-benar buta dengan coding tetapi ada kata yang menarik keluar dari gue "Saya suka sekali dengan Teknologi".

Oke pada akhirnya adalah hari dimana penentuan yaitu muncul berita mengenai keterima atau tidak kuliah di BINUS dan juga informasi Beasiswa yang didapatnya (Beasiswa hanya biaya masuk awal aja sih yaitu DP3. Jadi sisanya sama saja bayarannya). Gue sudah tidak sabar dan duduk di depan komputer dan terus refresh halaman pemberitahuan kelulusan. 

Teman-teman gue sudah lulus dan mendapatkan Beasiswa ada yang dapat 100% lho kaget setengah mati gue. Punya gue kok belum keluar-keluar pengumumannya. Tiba-tiba ponsel gue berdering muncul SMS pemberitahuan kalau skor TOEFL gue tidak memenuhi target dan harus test ulang. Disini rasanya hati gue hancur dan sedih bahkan stress. Dari awalnya gue senang main game, seharian penuh gue belajar TOEFL secara cepat dan maksa. Pokoknya gue benar-benar browsing tentang TOEFL saja belajar mati-matian.

Pada akhirnya test TOEFL ulang dilakukan di Admisi BINUS. Gue melihat orang-orang yang satu jurusan dengan gue yang sedang daftar ulang sedangkan gue masih test lagi. Gue bersama dengan orang tua mendatangi orang Admisi untuk test ulang TOEFL. Tapi orang dari Admisi ada yang bilang.

"Kalau tidak yakin test TOEFLnya, kita bisa kok bantu anak ibu buat masuk jurusan Teknik Informatika saja".

Dalam hati gue, gue sudah berada di ujung tanduk. Kalau gue test TOEFL gagal, gue harus test ulang sendirian gitu dari awal lagi. TETAPI, gue harus yakin dan mencoba lagi karena gue rasa sia-sia dong udah belajar TOEFL secara penuh kalau gue tidak mencobanya. Pada akhirnya gue memilih test TOEFL ulang lagi.

Pada saat test TOEFL, gue sendiri di sebuah ruangan sambil ditemani speaker yang berbicara Bahasa Inggris. Pokoknya disitu gue benar-benar fokus dan tidak ada yang ganggu. Setelah sesi Listening selesai, muncul lagi mahasiswa lain dari jurusan Arsitek atau Desain Interior gitu. Dia melakukan test susulan dan menggambar dengan sangat sangat bagus sumpah wkwkwk.... Dia juga menemani gue selama test dan mengobrol sebentar bersama dan saling bilang "Good Luck". Gue bilang sih dia harusnya sekarang masih di BINUS dan juga IPKnya tinggi pasti.

Pada akhirnya sumpah senang banget dah, gue diterima masuk BINUS di jurusan yang gue inginkan dan juga score TOEFLnya sih diatas ekspektasi. Tetapi gue hanya mendapat beasiswa sebesar 25% dan biaya masuk DP3 itu benar-benar mahal. Hal ini juga membuat gue stress lagi dan benar-benar finansial keluarga gue juga benar-benar hancurnya di masa saat itu. Hanya ada satu orang yang bisa membantu gue dalam finansial keluarga gue sedangkan orang ini memberikan gue kesempatan terakhir untuk membantu gue karena dia mau pensiun dan tidak kerja lagi (jadi ibaratnya kayak tulang punggung keluarga gitu lah).






3. Hari-hari Pertama Kuliah di BINUS (Orientasi Mahasiswa)


Sumber Gambar : New Hope



Minggu Pertama Admin Stefanus Hendy Kuliah


Hari pertama gue pergi kuliah ke BINUS itu gue bareng teman gue yang kebetulan 1 batch dan juga kelas yang sama. Gue kesana naik motor dan ikutin teman yang kebetulan tahu jalannya kesana. Awalnya gue pikir orientasi tuh kita bakal dikerjain oleh senior. Tetapi di BINUS itu berbeda, nama programnya adalah "Freshmen Enrichment Program" yang dimana kita bakal dibantu oleh kakak senior yang sudah berpengalaman kuliah di BINUS dan share pengalamannya ke kita. Disini kita diajarkan untuk menjadi Binusian yang baik dan juga membentuk karakter kita menjadi sempurna.

Pokoknya pada saat orientasi benar-benar seru kita bisa bertemu dengan teman-teman baru dan juga teman seperjuangan kuliah kita. Pokoknya rugi sih kalau kalian tidak ikut FEP atau orientasi mahasiswa baru di BINUS. Selain itu, dapat juga poin ketika kalian aktif mengikuti FEP ini untuk kalian bisa sidang nantinya.

Pada saat orientasi, kita dikenalkan dengan lingkungan kampus, peraturan kampus, dan informasi lainnya mengenai perkuliahan dan kampus agar mahasiswa baru siap untuk kuliah di BINUS dengan menjadi Binusian yang bermartabat.

FEP terdiri dari 3 sesi pas waktu zaman gue dulu yaitu GO (General Orientation), AO (Academic Orientation), dan CLO (Campus Life Orientation). GO itu adalah minggu pertama perkuliahan. AO adalah dimana kita bertemu dengan dosen dan seperti kelas biasa. CLO adalah kegiatan yang sudah seperti biasa yaitu perkuliahan. Setelah mengikuti ini, gue semakin terbiasa dengan perkuliahan di BINUS dan siap menjadi Binusian yang baik.






4. Poin SAT dan ComServ (Community Service)


Sumber Gambar : SCDC Binus - BINUS University


Berbeda dengan kampus lain, kita di BINUS harus aktif dalam melakukan kegiatan yang ada di kampus sehingga baru kita bisa mengikuti sidang untuk kelulusan nantinya. Minimal point SAT yang diperlukan yaitu min. 120 poin dan untuk ComServ min. 30 jam.

Ada banyak kegiatan yang bisa kalian lakukan untuk mendapatkan point SAT :

1) Mengikuti Seminar

2) Mengikuti FEP secara penuh (dapat 100 poin)

3) Mengikuti Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM), kalian bisa mendapatkan SAT yang banyak dari mengikuti salah satu UKM atau klub gitu di BINUS dan aktif menjadi pengurusnya.

4) Mengikuti kegiatan yang diselenggarakan oleh BINUS dengan hadiah SAT.


Berikut adalah cara untuk mendapatkan ComServ (Community Service) :

1) Mengikuti program FEP dari TFI (mengerjakan projek gitu dah),

2) Mengerjakan project Character Building dengan sangat baik terdiri dari Pancasila, Kewarganegaraan, dan Agama (dari Semester 1 - 3). Jika sempurna maka setiap mata kuliah Character Building mendapatkan 10 jam ComServ,

3) Menjadi Staff Garage Sale dari TFI,

4) Mengikuti kegiatan yang diselenggarakan oleh TFI.






5. Aplikasi dan Website BinusMaya



Sumber Gambar : BINUS University


Nah ini nih kalian harus bisa menguasai dalam menggunakan BinusMaya. Karena BinusMaya adalah jantung selama kegiatan perkuliahan kalian. Dalam BinusMaya, kalian bisa mengecek jadwal perkuliahan kalian, submit assignment (tugas), mengecek jadwal ujian, mengecek jadwal pembayaran, mengecek hasil nilai ujian, dan lainnya. Pokoknya semuanya ada di BinusMaya mengenai perkuliahan kalian.

Untuk mahasiswa baru, nanti bakal diajarkan untuk bagaimana cara membuat akun di BinusMaya melalui orientasi bersama kakak-kakak senior kalian. Oh ya satu lagi, seringkali BinusMaya sering banget terkena masalah seperti server down, dan banyaknya bug. Biasa kalau mau ujian kita harus print KMK (Kartu Mata Kuliah) dan membawanya saat ujian. Sering kali server down pada saat hari-hari sebelum ujian.

Biasanya sih menu yang paling gue sering cek hampir setiap hari saat kuliah adalah :

1) Courses = Informasi Mata Kuliah (Biasa gue cek Assignment dan forumnya),

2) Learning = Biasa disini gue cek "Class Schedule", "Exam Schedule", "Grades", dan "Attendance Information",

3) Forum = Menu dimana biasa dosen kasih tugas saat GSLC (belajar dirumah tapi biasa ada tugas di forum atau assignment tergantung dosennya),

4) Financial = Untuk mengecek jadwal pembayaran.






6. Fasilitas-fasilitas yang ada di BINUS



Sumber Gambar : BINUS University


Banyak fasilitas-fasilitas yang bisa kalian jumpai di BINUS. Tampilan BINUS Kemanggisan yaitu BINUS Anggrek sendiri memiliki tampilan seperti Mall Mangga Dua. Fasilitas yang berada di Binus Syahdan, Anggrek, Kijang, dan kampus BINUS lokasi lainnya pasti sama.

Berikut adalah fasilitas-fasilitas yang ada di BINUS dan ruangan kelas :

1) Eskalator,

2) Lift,

3) Tangga Darurat,

4) Toilet (tetapi tidak ada tissue jadi kalian harus siapin tissue sendiri wkwk..),

5) Kantin,

6) Kelas (Proyektor, AC, Komputer lengkap dengan aksesorisnya, Papan Tulis Kaca, Alat Tulis Kelas, dan lainnya),

7) Ruang UKS,

8) Center-center BINUS untuk Membantu Mahasiswa,

9) Wifi atau Internet,

10) Perpustakaan,

11) CCTV,

12) dan masih banyak lagi.

Pokoknya banyak sih fasilitasnya lengkap, tetapi kadang ada fasilitas yang rusak yaitu yang paling sering rusak adalah aksesoris komputer yaitu mouse atau keyboard pada Lab Kelas (biasa diakibatkan oleh mahasiswa yang tidak tahu diri pakai aksesorisnya).






7. Perlengkapan untuk Para Binusian Selama di Kampus



Sumber Gambar : stapico


Selama menjadi Binusian di Kampus BINUS, kalian perlu beberapa perlengkapan selama perkuliahan di kampus BINUS. Berikut adalah perlengkapan yang harus kalian pakai atau punya selama berkuliah di kampus BINUS.

1) Flazz Card : Tujuan utama digunakan untuk absensi kelas (dibuat saat sebelum orientasi BINUS), dan untuk pembayaran digital lainnya. Bisa juga bayar transjakarta atau toll lho,

2) Dresscode Binusian Rapi : Pakaian tertutup, Celana panjang, dan Sepatu (Sandal boleh tapi harus ada belakangnya gitu lho ketutup gitu pokoknya),

3) Laptop atau Smartphone : Untuk smartphone sih wajib gitu bawa buat cek lagi jadwal kalian karean jadwal bisa sering berubah dan juga kalau ada keperluan online (quiz online) gitu jadi mudah. Untuk laptop tergantung situasi, jika perlu laptop maka bawa saja,

4) Alat tulis dan Buku tulis : Karena memori manusia itu tidak sepenuhnya ingat dengan matang hasil belajar atau diskusi, lebih baik kita siapkan catatan dan mencatat hal-hal penting di suatu mata kuliah. Ini berguna untuk masa depan nilai kalian, belajar menjadi lebih mudah, dan informasinya penting untuk kebutuhan masa depan kalian,

5) Jaket Almamater BINUS : Jaket ini kalian tidak bisa pesan dan tidak bisa beli lagi selama perkuliahan. Jadi jaga baik-baik jaket ini karena penting untuk kegiatan penting di kampus BINUS. Pokoknya ini perlengkapan yang paling harus kalian jaga jangan sampai hilang (dibagikan pada saat orientasi dan pastikan sesuai dengan ukuran kalau bisa besaran dikit lah).






8. Perlengkapan Ujian untuk Para Binusian Selama di Kampus



Sumber Gambar : Samson Online Shop


Selama hari-hari sebelum ujian, pastinya kalian harus persiapkan diri mempelajari kisi-kisi untuk UTS dan UAS agar nanti kalian siap untuk mengerjakan soal dengan cepat dan tepat. Biar kalian tenang selama ujian, kalian harus persiapkan hal-hal seperti dibawah ini.

1) Kartu Mata Kuliah (KMK) : Harus dibawa pada saat ujian dalam ukuran A4 dan juga berwarna dan rapi tidak lecek maupun basah. Jika lupa, maka sanksinya tidak diperbolehkan untuk mengikuti ujian dan artinya siap-siap menerima Semester Pendek (SP),

2) Flazz Card : Harus dibawa juga begitu juga dengan KMK. Jika KMK bawa dan Flazz tidak ada, maka kalian harus menunggu sekitar 30 menit untuk mendapatkan Flazz Card sementara. Jadi sayang kan waktunya kebuang sia-sia,

3) Alat tulis yang lengkap kalau bisa penuhin 1 meja : Kalian harus bawa alat tulis lengkap seperti pena, pensil, penghapus, tipex, penggaris, dan lainnya. Karena tidak boleh meminjam-minjam. Jika terindikasi mencurigakan akan terkena resiko Dropout (DO).

*Jangan lupa kumpulin lagi soalnya, jangan dibawa pulang jika nilai kalian tidak mau 0. Dan jangan lupa juga tanda tangan sebanyak 2 kali dan tulis nomor absennya ya pada lembar jawaban kalian.






9. Peraturan-peraturan yang ada di BINUS



Sumber Gambar : BINUS University


Terdapat beberapa aturan di BINUS yang wajib kalian ketahui dan patuhi selama kalian berada di lingkungan kampus apalagi kalian itu seorang Binusian. Pokoknya nih ya saran gue nih, kalian jangan melakukan hal-hal konyol yang bisa membuat kalian tuh menjatuhkan diri sendiri bahkan dapat berdampak pada kesuksesan dan masa depan kalian. Jika kalian aman-aman saja dan tidak melakukan hal-hal aneh, pasti aman-aman saja kok untuk kuliah di BINUS dan bisa lulus tepat waktu. Berikut adalah peraturan-peraturan kampus yang telah gue rangkum yang perlu kalian tahu.

1) Tidak merokok di dalam wilayah kampus BINUS, jadi kalau kalian mau merokok batasnya adalah gerbang BINUS. Jadi kalau kalian mau merokok di luar gerbang BINUS silahkan,

2) Selalu pakai lanyard dengan menggantungi Flazz Card kalian. Kadang ada saja nih satpam yang bakal foto Flazz Card kalian jika kalian tidak menggantung Flazz Card pada lanyard kalian,

3) Menggunakan Dresscode "Rapi ala Binusian" yang berarti memakai kemeja/kaos (tidak terbuka), celana panjang, dan sepatu,

4) Tidak boleh menyontek pada saat ujian baik itu UAS dan UTS, berpotensi dapat DropOut (DO) jika terdapat bukti kuat untuk menyontek,

5) Tidak boleh adanya rasisme, BINUS benar-benar dapat membangun karakter kita menjadi Binusian yang dimana saling menghargai satu sama lain dan benar-benar tidak ada yang namanya rasisme,

6) Tidak boleh bertengkar di dalam wilayah kampus, sebagai mahasiswa yang baik ya jangan bertengkarlah tapi cari jalan keluarnya sama-sama jika ada masalah (jangan kayak anak kecil).

*Jangan melakukan hal konyol seperti mengejek dosen, memencet tombol lift dengan kaki, dan hal kanak-kanak lainnya. Ini kan kampus ya, bukan sekolah SD lagi ya.






10. Gambaran Mahasiswa dan Dosen di BINUS



Tebak Admin Stefanus Hendy Yang Mana Hayoo


Banyak tipe-tipe Mahasiswa baik itu teman sekelas maupun jurusan lain dan juga banyak juga tipe-tipe dosen yang akan kalian temui pada setiap mata kuliah yang berbeda-beda. Ada mahasiswa yang baik dan sesuai dengan harapan kita begitu juga dengan dosen ada yang baik juga dan sesuai dengan harapan dan ekspektasi kita. Berikut adalah tipe-tipe Mahasiswa dan Dosen di kampus BINUS.


Tipe-tipe Mahasiswa :

1) Mahasiswa aktif, Mahasiswa yang selalu masuk setiap kelas pada mata kuliah dan juga selalu rajin untuk mengerjakan tugas sebelum deadline,

2) Mahasiswa Deadliners, Mahasiswa yang mengerjakan tugas biasanya tuh H-1 deadline dan biasanya sih butuh bantuan teman gitu,

3) Mahasiswa Tipsen, Mahasiswa yang biasanya nih titip tapping Flazz Card ke temannya karena malas untuk masuk suatu mata kuliah dan lebih memilih mengerjakan yang lain. Biasanya sih ketika pas udah mau selesai jam mata kuliahnya. Ketika verifikasi tiba-tiba hadir kayak ninja,

4) Mahasiswa Organisasi, Mahasiswa yang biasanya sangat aktif dalam organisasi di kampus bahkan rela berkorban berkuliah untuk organisasinya. Biasanya mahasiswa ini tuh banyak teman dan juga memiliki ambisi yang luar biasa,

5) Mahasiswa Kuliner, Mahasiswa yang selalu jajan dan selalu pergi untuk kuliner disekitar kampus. Biasanya dia nih ajaknya tempat-tempat mahal nih. Tapi kalau akhir bulan mah ajaknya makan di tempat-tempat warung,

6) Mahasiswa Forget to Tap, Mahasiswa yang biasanya selalu telat dan lupa untuk tapping absensi di Flazz Card. Bukan karena dia bodoh karena selalu lupa tapping, melainkan untuk menghindari absen kepotong. Karena kalau telat lalu tapping, maka akan kehitung "late" dan kemungkinan besar dosen tidak akan verifikasinya. Sedangkan kalau "Forget to Tap", dosen mengira kalau dia sebenarnya sudah datang dari tadi dan lupa untuk tapping,

7) Mahasiswa Hanya Ada Kalau Butuh, Mahasiswa ini biasanya nih kalau disuruh kerjain tugas dan minta bantuan tuh balasnya pasti lama banget atau bisa juga pura-pura sibuk. Sedangkan giliran dia butuh bantuan ke kita, langsung dah keluar rasa belas kasihan supaya kita tergerak hatinya untuk membantunya dalam perkuliahan. Hadeh.....

8) Mahasiswa Baik, Mahasiswa yang selalu membantu kita dan support kita dan selalu ingin bekerja sama dalam perkuliahan. Biasanya Mahasiswa ini tuh enak banget buat kerja sama bareng atau diskusi bareng,

9) Mahasiswa Menawarkan Entrepreneur, Nah ini nih yang paling membuat gue risih ketika di kampus. Ketika gue lagi bengong tiba-tiba ada seseorang yang tiba-tiba SKSD (Sok Kenal Sok Dekat). Dia menceritakan kehidupan kampus gitu kalau nanti sebenarnya kuliah itu tidak bisa membuat Anda sukses dan juga belum tentu nanti kerja dapat penghasilan yang bisa menutupi biaya perkuliahan. Pokoknya kalian bakal dicuci otak gitu untuk ikut entrepreneurship dimana kalian bisa sumbangkan uang gitulah. Semakin besar
download

No comments:

Post a Comment